Official Line, Channel Telegram, Investing.com

Join Official Line Join Grup Follow Us

Mengapa Perlu Investasi

Mengapa kita perlu Investasi ?

     Banyak sekali pertanyaan mengenai hal tersebut. Penulis sendiri sering ditanya seperti itu oleh teman-teman semenjak masuk ke Pasar Modal. Namun banyak juga yang belum mengetahui apa itu Investasi (Silakan baca : Apa itu Investasi).

     Jika kalian sudah membaca artikel yang penulis cantumkan diatas maka sudah dianggap mengetahui soal Investasi dan instrumen yang ada pada Investasi tersebut.

    Dulu waktu penulis baru pertama kali terjun ke Pasar Modal sempat berpikir "Mengapa kita perlu Investasi?". Bahkan penulis sering mencari tahu mengenai hal tersebut di internet, namun masih bingung juga waktu itu. hehe. 

     Orang tua penulis sendiri mempunyai toko dirumah dan sering kali terdengar curhatan (cah cinta nih sukanya curhat, hehe) dari konsumen mengenai harga-harga pada naik dan uang sudah tidak seperti dulu lagi. Beli apa-apa mahal, uang Rp 100.000 pada 10 tahun yang lalu bisa beli sekantong makanan, sekarang mungkin hanya setengahnya.

     Dari hal tersebut, penulis tersadar akan sebuah pertanyaan yang penulis pikirkan yaitu "Mengapa kita perlu Investasi?". Nah begini jawabannya, Investasi dapat meningkatkan nilai aset kita dikemudian hari, sehingga dapat mengatasi inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Bayangkan saja jika kalian mempunyai uang Rp 100.000, kemudian kalian simpan untuk beberapa tahun kedepan. Bagaimana hasilnya ?. Uang kalian tetap Rp 100.000 tersebut bukan, sedangkan harga-harga sudah naik sekian kali lipat.

     Bagaimana jika uang Rp 100.000 kita investasikan dalam bentuk intrumen investasi ?. Hasilnya uang kalian tersebut akan berkembang sekian persen, bahkan bisa mengalahkan inflasi yang terjadi pada tiap tahunnya.

     Itulah mengapa kita harus investasi, agar nilai aset kita berkembang. apalagi yang masih muda-muda (seperti penulis sendiri) yang berkeinginan besok mempunyai nilai aset yang besar. Jangan tunda untuk berinvetasi sejak dini. Yuk Nabung Saham, seperti yang sudah disampaikan oleh Bursa Efek Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Comments

INDEX