Official Line, Channel Telegram, Investing.com

Join Official Line Join Grup Follow Us

Jumlah Investor Pasar modal masih kurang greget


KONTAN.CO.ID - Jumlah investor di pasar modal Indonesia makin meningkat. Direktur Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Hasan Fawzi mengatakan, saat ini sudah ada 1 juta investor yang tercatat di pasar modal Indonesia.

"Tapi tidak semua investor ini berinvestasi di saham. Ada juga yang di reksadana dan obligasi," ujar Hasan di Jakarta, Rabu (30/8).

Bertambahnya investor diklaim akan mendorong nilai transaksi harian bursa. Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai transaksi harian saat ini mencapai Rp 7,5 triliun per hari.

Pengamat Pasar Modal Teguh Hidayat mengatakan, meski sudah meningkat dalam lima tahun terakhir, jumlah investor pasar modal tidak mencapai 1% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Teguh membandingkan, jumlah investor pasar modal di masih kalah dibandingkan Malaysia yang investornya mencapai 12% dari total penduduk. "Sementara itu jumlah investor di Singapura bisa mencapai 36%-40% dari total penduduknya," kata Teguh.

Sayangnya, Indonesia nampaknya kesulitan jika ingin menyaingi jumlah investor di negara tetangga. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak menyebabkan tingginya ketimpangan ekonomi di antara masyarakat. Sehingga, menurut Teguh, hanya sedikit dari lapisan masyarakat yang bisa diharapkan untuk ikut berinvestasi di pasar modal.

Menurut Teguh, dari seluruh total penduduk Indonesia, hanya sekitar 40 juta sampai 50 juta jiwa yang dapat diharapkan untuk bisa berinvestasi di pasar modal. "Kalau 10% dari jumlah tersebut bisa berinvestasi di pasar modal, saya rasa itu sudah sangat bagus," papar Teguh.

Menurutnya, nilai transaksi harian saham sebesar Rp 7,5 triliun per hari juga masih sedikit. Karena, jumlah investor yang bertambah seharusnya meningkatkan rata-rata nilai transaksi jauh lebih tinggi.

Pasalnya, sekitar tahun 2009-2010, nilai transaksi hariannya mencapai Rp 4 triliun-Rp 5 triliun, padahal investornya baru 300.000. Sehingga menurut Teguh, dengan jumlah investor yang meningkat lebih dari tiga kali lipat, rata-rata nilai transaksi harian seharusnya bisa mencapai Rp 9 triliun-Rp 10 triliun per hari.

Sumber : Kontan

Comments

INDEX