Official Line, Channel Telegram, Investing.com

Join Official Line Join Grup Follow Us

Investasi Bodong


Selama ini penulis sering kali mendengar berita mengenai Investasi Bodong yang marak terjadi. Kerugiannya pun tidak sedikit melainkan mencapai triliunan, bahkan bisa membuat orang yang dirugikan tersebut sampai depresi bahkan meninggal dunia karena tertipu oleh investasi tersebut.

Apa Itu Investasi Bodong ?

Investasi bodong adalah suatu bentuk investasi dimana investor menitipkan uang mereka untuk dikelola oleh perusahaan investasi, namun perusahaan tersebut tidak mengelola uang dari investor dengan jujur dan benar, melainkan menipu investor dengan membawa kabur uang tersebut.

Kebanyakan oknum investasi bodong sering kali mengelabuhi calon korbannya dengan iming-iming return yang besar setiap bulannya tanpa harus berbuat apapun serta tidak memiliki risiko. Awalnya investasi ini memang benar memberi return seperti yang diiming-imingkannya, namun seiring dengan berjalannya waktu akan ketahuan bahwa pemberian return tersebut mulai macet dan bahkan tidak memberi return lagi.

Banyak yang tidak sadar dari mana mereka (oknum) mendapatkan uang sebanyak itu untuk memberi return kepada korbannya. Sumber dana yang mereka gunakan untuk memberi return kepada korbannya berasal dari dana korban yang lain. Sebagai contoh :

Oknum akan menawarkan investasi ini kepada si A dengan janji-janji manisnya yang begitu menguntungkan tanpa resiko apapun. Kemudian oknum ini menawarkan investasi ini juga kepada si B dengan janji-janji yang sama dengan si A. Keuntungan yang didapat si A perbulannya ini berasal dari dana si B yang telah diterima oleh oknum tersebut.

Begitulah asalnya dana yang oknum peroleh untuk memberi keuntungan yang ia janjikan kepada para korbannya, namun return tersebut hanya sementara yang setelah beberapa kali diberi return maka setelah itu tidak sama sekali diberi return alias danannya dibawa kabur oleh oknum tersebut.

Berikut adalah ciri-ciri investasi bodong :
  1. Investasi dengan return besar setiap bulannya, bahkan harian yang tanpa resiko apapun.
  2. Tidak adanya badan hukum yang jelas ada investasi ini.
  3. Tidak terdaftarnya perusahaan ini dalam Otoritas Jasa Keuangan.
  4. Pengelolaan investasi ini tidak jelas.
  5. Menggandeng orang terkenal untuk mengaburkan unsur tipuan.
Tips-tips agar tidak tertipu investasi bodong :
  1. Waspada Jika Mendapat Tawaran Keuntungan yang Luar Biasa Menarik.
  2. Lakukan Pemeriksaan Dokumen Perizinan Lembaga Atau Perusahaan Investasi.
  3. Telitilah Bentuk dan Cara Pemasaran Produk Investasi.
Dalam berbagai produk investasi yang resmi, mekanisme cara kerja, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya sudah diatur secara jelas, bahkan sebagian besar perusahaan sudah memiliki standar operasi yang baku dalam menjalankan produknya. Namun sebaliknya, perusahaan atau lembaga yang menjalankan produk investasi bodong, terkadang tidak mempunyai standar baku tentang bagaimana menjalankan produk investasi tersebut, bahkan ada beberapa investasi bodong yang justru tidak memiliki produk dan cara penjualan yang resmi.
  • Jangan menyerahkan dana sebelum membuat dan menandatangani perjanjian yang resmi dan detail. Sebelum menandatangani perjanjian tersebut, baca dengan teliti setiap pasal yang tertuang dalam perjanjian tersebut agar tidak menimbulkan salah persepsi di kemudian hari. Jika perlu, lakukan pengikatan perjanjian jual beli tersebut dihadapan notaris.
  • Waspada terhadap segala bentuk rayuan yang memaksa Anda untuk mengambil keputusan dengan segera atau terkesan memaksa. Ada baiknya Anda mempelajari secara teliti produk investasi tersebut, termasuk mencari tahu latar belakang perusahaan yang menyelenggarakan investasi tersebut sebelum mengambil keputusan keikutsertaan Anda dalam investasi tersebut.
  • Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk investasi tersebut, bagaimana perusahaan atau lembaga tersebut menanamkan investasi para nasabahnya, instrumen apa yang digunakan perusahaan atau lembaga tersebut untuk menghasilkan keuntungan seperti yang dijanjikan. Jika investasi ditanamkan dalam bentuk riil, seperti perkebunan, sebisa mungkin Anda meluangkan waktu untuk melihat secara langsung produk riil dari investasi tersebut, dan jangan lengah meskipun Anda telah menjadi bagian dari investasi tersebut, Anda harus tetap memantau perkembangan produk yang Anda investasikan.

Berikut yang bisa penulis sampaikan megenai investasi bodong ini. Pesan dari penulis adalah berhati-hatilah dan teliti sebelum memilih investasi.

Terima kasih,

Comments

  1. Yuk di add pin B -O-L- A- V- I- T- A sabung ayam filipina
    Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
    Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
    www,bolavita,com

    ReplyDelete

Post a Comment

INDEX