Official Line, Channel Telegram, Investing.com

Join Official Line Join Grup Follow Us

Pengertian Analisis fundamental

Saat ini penulis sangat ingin membeli sebuah tablet yang didukung dengan operasi windows 10. Penulis sendiri sudah melakukan pencarian mengenai spesifikasi tablet yang penulis inginkan. Banyak sekali sumber yang menjelaskan spesifikasi tablet tersebut dengan harga yang berbeda-beda. Cukup membingungkan memang jika terdapat harga yang berbeda-beda, namun penulis mencari harga yang memang sesuai dengan kualitas dari tablet tersebut. Setelah banyak pertimbangan yang matang dengan pencarian yang sudah dilakukan selama ini, akhirnya penulis bisa menetapkan berapa harga yang memang sesuai dengan kualitas serta rata-rata dari beberapa penjual produk yang sama.

Sama halnya dengan Saham, kita tidak bisa asal-asalan dalam membeli saham dan terlebih jika ingin melakukan Investasi dalam jangka yang lama atau bahkan sangat lama terhadap suatu saham.

Bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui kondisi suatu saham dengan baik dan benar ? Caranya adalah menggunakan Analisis Fundamental, disini penulis menekankan untuk melakukan suatu analisis dengan baik dan benar. Baik dan benar yang dimaksud adalah baik dalam hal menganalisis fundamental dengan menerapkan metode-metode yang ada dan benar dalam hal menerima informasi yang ada sehingga tidak tertipu oleh informasi yang tidak benar.



Analisis Fundamental adalah teknik analisis yang memperhitungkan faktor-faktor yang ada, seperti kinerja perusahaan, kompetitor usaha, kondisi masing-masing sektor, makro ekonomi, dan ekonomi global. Investor akan mengetahui baik atau tidaknya suatu perusahaan dengan menggunakan Analisis Fundamental,  sehingga investor dapat dengan tepat memilih perusahaan mana yang pantas untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Faktor-faktor dalam Analisis fundamental :
1. Kinerja perusahaan, meliputi laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan melalui situs Bursa Efek Indonesia.
2. Kompetitor usaha, membandingkan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya yang berada dalam satu sektor, misalkan PT Astra Agro Lestari Tbk dengan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk yang sama-sama berada pada sektor agrikultur.
3. Kondisi masing-masing sektor, kondisi makro ekonomi yang sedang dialami oleh sektor tersebut, misalkan terjadi penurunan daya beli konsumsi maka akan berimbas pada sektor consumer.
4. Makro ekonomi, kondisi yang terjadi dalam suatu perekonomian nasional, misalkan sedang terjadi pemilihan presiden maka akan mempengaruhi kondisi perekonomian negara tersebut.
5. Ekonomi global, kondisi yang dialami secara menyeluruh dan berdampak bagi beberapa negara, misalkan beberapa hari lalu terjadi perseteruan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara sehingga berdampak pada perekonomian dunia.

Beberapa data yang digunakan untuk menganalisis Fundamental :
1. Berita perusahaan yang bisa didapatkan dari media elektronik maupun media cetak
2. Data ekonomi bisa didapatkan melalui Bank Indonesia ataupun Badan Pusat Statistik
3. Data laporan keuangan perusahaan yang dirilis setiap 3 bulan sekali (kuartalan). Bisa didapatkan melalui 
    website perusahaan masing-masing atau di website Bursa Efek Indonesia

Beberapa kegunaan Analisis Fundamental :
1. Membantu memilih saham yang bagus untuk investasi
2. Mengetahui bagaimana kondisi perekonomian suatu negara
3. Mengetahui harga wajar suatu saham

Rasio dalam Analisis Fundamental :
1. EPS (Earning Per Share) atau laba per saham
2. PER (Price Earning Ratio) atau rasio harga saham dibanding laba perusahaan
3. PBV (Price to Book Value Ratio) atau rasio harga saham dibanding nilai akunting perusahaan
4. ROE (Return On Equity) atau rasio laba dibanding modal perusahaan
5. DER (Debt Equity Ratio) atau rasio utang perusahaan dibanding modalnya
6. dan masih banyak rasio-rasio lainnya.

Demikian adalah pengertian mengenai Analisis Fundamental yang bisa penulis sampaikan.




Baca juga :

Comments

INDEX